Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UMI Ikuti Pesantren Kilat

maba-fh-umi

Pesantren kilat Gelombang III diikuti oleh Mahasiswa Baru Fakultas Hukum UMI sebanyak 736 Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2019/2020. Kegiatan tersebut merupakan wujud nyata UMI dalam upaya menopang karakter peserta didik agar Berilmu Amaliah, Beramal Ilmiah dan Berakhlaqul Kharimah.

Kegiatan Pesantren Kilat tersebut dilaksanakan di Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe, Pangkep selama 2 hari 2 malam, dengan berfokus kepada bagaimana pola pembinaan yang diberikan terhadap Mahasiswa Baru melalui penataan Akhlaq yang baik. Agenda kegiatan yang diberikan terhadap Mahasiswa Baru meliputi, materi-materi yang berkaitan dengan upaya pembentukan karakter, pengenalan kampus UMI serta melakukan amalan-amalan ibadah wajib maupun sunnah.

Wakil Rektor I, Dr Ir. H. Hanafi As’ad, MT dalam pidato pembukaannya mengatakan “Mahasiswa Hukum harus menjadi mahasiswa yang memiliki karakter yang kuat secara mental, terlebih memiliki pola pikiran yang baik, karena berkaitan dengan upaya mewujudkan keadilan di Indonesia”.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir untuk memberikan materi kepada Mahasiswa Baru adalah Staf ahli PANGDAM XIV HASANUDDIN, CZI Ade Heri Kurniawan. Beliau lebih menekankan bahwa, sebagai Mahasiswa Hukum harus memiliki dan menanamkan sejak dini wawasan bela negara yang merupakan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Menurutnya, selain merupakan amanat Undang-Undang, wawasan bela negara juga diperlukan oleh mahasiswa yang pada dasarnya berasal dari berbagai suku yang berbeda agar tidak saling membeda-bedakan.

Pesantren Kilat ini merupakan agenda awal penerimaan Mahasiswa Baru yang nanti nya semua Mahasiswa Baru UMI secara bergantian akan kembali ke Pesantren Darul Mukhlisin UMI Padanglampe untuk mengikuti Pencerahan Qalbu selama 30 hari. 

Blog Attachment

Related Blogs