Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (FH UMI) sukses menggelar kuliah umum melalui zoom, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan ini digelar selama 3 hari dengan menghadirkan pemateri dari berbagai latar belakang, mulai dari Pakar HTN, Guru Besar hingga alumni yang telah sukses dalam dunia kerja.


Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, S.H., M.Sc. (Pakar HTN & Cendekiawan Muslim), Dr. Ibrahim, S.H., M.H. LLM. (Hakim Agung MA RI & Alumni FH UMI), Efendi, S.H., M.H. (Kepala Sub Direktorat Pengembangan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Produksi Sarana Intelejen Kejagung RI & Alumni FH UMI), Supriansa, S.H., M.H. Anggota Komisi III DPR RI & Alumni FH UMI), Andi Sudirman Sulaiman, S.T. (Plt Gubernur Sulawesi Selatan), Irjen. Pol. Drs. H. Merdisyam, M.Si. (Kapolda SulSel), Prof. Dr. H. Abdul Rahman, S.H., M.H. (Guru Besar Fakultas Hukum UMI).

Adapun moderator yakni, Dr. H. Askari Razak, S.H., M.H. (Akademisi Fakultas Hukum UMI) dan dibuka langsung Wakil Rektor III, Dr. Nasrullah Arsyad, S.H., M.H., dan Dekan FH UMI Prof. Dr. H. Laode Husen, S.H., M.H.

Sebanyak kurang lebih 600 maba turut andil selama mengikuti kegiatan ini 7 – 9 September.

Dekan FH UMI, Prof Laode mengungkapkan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan proses adaptasi mahasiswa baru dalam dunia revolusi industri 4.0.

“Kegiatan ini memberikan pengetahuan dan wawasan kepada maba, membentuk karakter untuk masa depan. Ada beberapa alumni FH UMI sudah sukses ikut berbagi pengalaman,” ujar Prof La Ode.

Selain itu, kata Prof La Ode, pihak Fakultas menghadirkan alumni FH UMI yang sudah sukses di berbagai instansi berbagi pengalaman.

“Narsum punya kompeten di bidangnya. Memberikan pengalaman dan bekal ke Maba sebelum belaajar mengajar,” sambungnya.

Guru besar ilmu hukum ini menilai, kegiatan ini sangatlah penting, sebab. Ada kesempatan untuk interaksi mahasiswa dan dosen untuk menamba ilmu pengetahuan.

Dia berharap, mahasiswa bisa memahami tafsiran hukum di abad ke 21. Dimana memasuki era digital revolusi 4.0. Mahasiswa dituntut dalam proses menghadapi zaman sekarang.

“Kita harap pembelajaran di FH UMI menerapkan digitalisasi, ini tuntutan abad 21. Harapannya mahaiswa FH UMI memahami visi misi program studi di lingkup UMI. Apalagi memahami hukum kondisi saat ini.

Leave a Reply