Sejarah Fakultas Hukum UMI

Kilas Balik

Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia (UMI) yang didirikan Tahun 1972 berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor : 230/Kpts. VII/UN/1972, adalah merupakan salah satu dari 13 (tiga belas) Fakultas yang ada dalam lingkungan Universitas Muslim Indonesia. Fakultas Hukum UMI dalam usianya setengah abad saat ini, telah mengalami dinamika perkembangan yang cukup signifikan, baik dilihat dari segi jumlah mahasiswa, jumlah alumni, fasilitas/sarana belajar, maupun kualitas dan kuantitas sumberdaya pengajarnya. Perkembangan tersebut,merupakan modal dan sekaligus menunjukkan tingginya kepercayaan masyarakat kepada Fakultas Hukum UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah. Kepercayaan masyarakat kepada Fakultas Hukum UMI, diantaranya tercermin dari meningkatnyajumlah mahasiswa yang mendaftar pada setiap tahun, serta banyaknya para alumni yang bekerja di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Sedangkan kepercayaan pemerintah tercermin dari adanya pemberian suatu akreditasi tertentu. Pada Tahun 1994 Fakultas Hukum UMI memperoleh peningkatan status, yakni dari status “DIAKUI” menjadi “DISAMAKAN” berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi DEPDIKBUD RI No.159/DIKTI/1994 tanggal 13 Juni 1994.

Dalam perkembangan selanjutnya, dengan terbentuknya Badan Akreditasi Nasional (BAN), yang diikuti dengan perubahan sistem penilaian dan akreditasi terhadap Perguruan Tinggi, baik PTS maupun PTN, maka dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor : 0125/Ak.1.1/UM-TIHK/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998, Fakultas Hukum UMI memperoleh akreditasi dengan peringkat “B”, dan pada Tahun 2006 Fakultas Hukum UMI memperoleh Akreditasi “A” dengan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Nomor : 004/BAN-PT/AK-X/S1/VI/2006 tanggal 1 Juni 2006. Pada Tahun 2015 BAN-PT melakukan reakreditasi  dan FH UMI berhasil mempertahankan predikat A nya hingga saat ini. Dan saat ini, setelah melalui Konversi atau ISK, Program Studi Ilmu Hukum mendapatkan Status Akreditasi UNGGUL.

Dalam penyelenggaraan program studi Ilmu Hukum, kini Fakultas Hukum UMI membina beberapa minat kekhususan, yaitu: konsentrasi Hukum Perdata, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Hukum Acara, Hukum Internasional, Hukum Ekonomi, Hukum Perusahaan, Hukum Islam, Hukum Keagrariaan dan Hukum Perikatan. Dengan adanya pilihan minat kekhususan tersebut, dimaksudkan agar mahasiswa Fakultas Hukum UMI dapat lebih leluasa untuk menentukan pilihan dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilannyasesuai bakat yang dimilikinya, serta dibekali dengan keahlian yang profesional di bidang hukum, sehingga mahasiswa dan alumni Fakultas Hukum UMI mempunyai daya saing yang tinggi di masyarakat.

Kini Fakultas Hukum UMI membina anak didik sebanyak 3.000+ mahasiswa, 15% diantaranya merupakan Mahasiswa Tugas Belajar dari berbagai instansi sipil, dan 5% lainnya berasal dari instansi TNI/Kepolisian.Dalam rangka memenuhi kebutuhan dari kalangan praktisi hukum dan instansi pemerintah baik di level nasional dan internasional, maka Fakultas Hukum UMI membuka Kelas Internasional.